Jumat, 24 Februari 2012

Gue sebagai Perlajar

Yoyooooyyy !

Ketemu lagi sama gue. Sorry nih lama nggak update. "Kenapa?" Soalnya baru aja gue di bikin ribet sama jadwal MID Semester yang dengan sepihak di ajuin aja gitu sama pihak sekolah. Yup ! Sekolah tempat gue "menimba" ilmu emang hobi banget nabrak-nabrak jadwal kurikulum. Seneng banget ngliat anak didiknya lari glimpangan kesana-kemari buat persiapan tes yang emang dengan se-enaknya sendiri di aju-ajuin. Tapi mau gimana lagi, itu sekolah gue. Sebagai seorang pelajar, gue harus nerima konsekuensinya -belagu-.

Jadii, kesimpulannya adalah beberapa hari kemaren gue lagi ngerjain MID Semester, yang sialnya lagi, dalam sehari ada 3 mapel. Dan itu bikin anak-anak, khususnya gue frustasi. Oh iya ! Ngomong-ngomong soal pelajar nih ya, gue jadi inget omongan nyokap gue.

"Kamu tu hlo, di sekolah diajarin apa? Masak cuman di suruh nyapu aja nggak bisa bersih?"

"Dasar kamu ! Di sekolahin mahal-mahal nggak taunya cuman suruh masak sayur aja belepotan."

. . .

Dengan pernyataan nyokap gue di atas, gue jadi mikir. Mungkin emang nyokap gue salah ngambilin jurusan sekolah buat gue. Harusnya gue nggak sekolah di SMA, harusnya gue sekolah di khursus jahit biar bisa jahit. Harusnya gue sekolah di sekolah TKW biar bisa jaga rumah dengan apik. Harusnya gue nggak sekolah aja, harusnya gue, harusnya, harusnya, harusnya . . . .

Apakah gue harus menerapkan ilmu yang dikasih sekolah buat gue terapin di kehidupan gue? Apakah semua pelajaran bisa gue terapin di kehidupan gue? Apakah PERLU semua teori sekolah di terapin di kehidupan gue? Apakah bisa? Apakah harus?

Andaikan iya, mungkin kelak gue sebagai ibu rumah tangga yang menerapkan ilmu pengetahuan sekolah dalam kehidupan sehari-hari akan bertingkah seperti ini :

"Suatu hari, suami gue lagi lembur kantor. Gue di rumah sama anak gue. Anak gue udah tidur. Dan gue nonton tivi nyambi nungguin suami gue pulang. Tiba-tiba gue denger suara gludak-gluduk di dapur. Gue jalan ke arah dapur. Selama perjalanan dari ruang keluarga ke dapur, gue ngitung gaya gesek yang terjadi antara kaki gue sama ubin lantai rumah gue. Berapa gaya geseknya, penghambatnya, dan energi yang diperlukan buat sekali melangkah. Otomatis gue jalan sambil mbawa-mbawa notes. Gue nyalain lampu, waktu saklar gue pencet, lampunya nggak langsung nyala. Gue yakin, walaupun itu 1/0001 detik pasti ada jeda waktunya buat si aliran listrik itu ngacir ke lampu dan menyalurkan elektron-elektronnya sehingga neon itu bereaksi, semakin panas, berpendar, kemudia nyala. Jadi nggak lupa juga gue bawa-bawa stopwatch buat ngitung selisih waktu tadi. Setelah si lampu hidup beberapa menit, neon jadi panas. Nggak lupa juga gue ngitung perpindahan kalornya dengan skema radiasi. Pake rumus !@#W^%^. Dan karena radiasi memancarkan cahaya yang mengandung kalor atau panas, maka gue nggak akan absen buat bawa termometer di kantong gue. Lampu udah nyala, dapur udah bisa keliatan dengan jelas. Gue ngliat dipojokan dapur, ada tikus yang lagi beranak. Gue deketin tuh anak-anak tikus. Lalu dengan segenap ilmu ke-sekolahan gue, gue itung presentase gen yang induknya turunkan kepada anaknya. Apakah gen si induk bersifat kuat atau lemah. Gue golongin tuh cindil ke dalam keanekaragaman jenis gen. Lagi asyik mgitung gen anak clurut, anak gue nangis. Naluri ibu gue mengatakan bahwa anak gue itu haus. Gue mo bikin susu formula buat anak gue. Tapi, aer panas di thermos gue habis. Terpaksa gue harus masak aer dulu. Waktu masak aer, gue nggak akan pernah lupa buat ngitung berapa perpindahan kalornya itu, massa jenisnya, kalor yang dibutuhkan, kecepatan sebuah kalor itu merambat, titim didihnya, delta T nya, Q-nya, C-nya, dan blah blah blah blah blah. YANG ADA ANAK GUE KEBURU MATI."

Dari pengandain gue di atas, gue jadi nggak ngarti sama pola pikir nyokap gue yang nyuruh gue buat nerapin ilmu sekoalh gue.

Tidak ada komentar: